Jodoh: Calon Tak Direstui Kakak Sulung

PILIHAN ANAK KETIGA DITOLAK ANAK KE-1

Assalamukalaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustadz.
Mohon penjelasan Ustadz.
Nama saya Widhi di Semarang.
Saya ayah 3 anak laki2. Anak 1 sudah menikah.Kami Muslim.
Anak bungsu (ke-3) berteman akrab wanita yang dipilih untuk calon istri.Pertemanan sejak kuliah di Semarang +/- 6 th.
Kakak no.1 sudah berkenalan. Sekaligus mewakili saya.
Saya belum dikenalkan,mengingat meteka posisi bekerja di Jakarta. Sedangkan saya di Semarang.
Hasil perkenalan 2 (dua) kali,menilai bahwa calon pilihan ini tidak baik dalam hal akhlak berbicara kepada orang lebih tua.Diberitahu dan ditegur pada perkenalan pertama,agar lebih santun. Namun perkenalan kedua sopan santun tidak sesuai harapan.
Status wanita ini,agama Islam,bekerja di Jakarta. Putri pertama dari 2 (dua) saudara.Orangtua nya Islam domisili Jawa Timur.
Perihal ini membuat saya bimbang.
Kalau saya setuju pendapat anak no.1 mk anak ke 3 "melawan" saya dan akan nekad maksa.Kalau saya setuju pilihan anak ke 3 mk anak no.1 memutus silaturahim baik kepada saya maupun anak ke 3.

Pertanyaan: Bagaimana sikap pilihan saya. Dari syariah nya atau dari akhlak sopan santun nya untuk menerima atau menolak pilihan anak ke 3 ?
Mengingat saya belum jumpa kenal.
Mohon Ustadz memberikan jawaban beserta dalil Ustadz. Untuk pedoman saya.
Jazakumullah.
Wassalamukalaikum warohmatullahi wabarakatuh.

JAWABAN

Pertama, perlu diketahui bahwa seorang anak lelaki memiliki hak untuk memilih calon pasangannya sendiri. Bahkan ia boleh menikahi calonnya walaupun seandainya tanpa persetujuan orang tuanya. Ia juga berhak untuk menolak pilihan orangtuanya dalam masalah jodoh. Baca detail: Batasan Taat Dan Durhaka Pada Orang Tua

Oleh karena itu, maka keputusan terbaik bagi anda sebagai ayah adalah merestui calon pilihan anak ke-3 terutama karena calonnya sudah memenuhi syarat dasar dari seorang calon istri yaitu dia muslimah dan berasal dari keluarga muslim. Namun demikian, tidak ada salahnya apabila anda bertemu wanita tersebut secara langsung agar anda lebih mantap dalam memberikan keputusan.

Perihal sikap anak ke-1 yang tidak setuju atas pilihan adiknya, maka itu haknya untuk bersikap demikian. Namun, dia tidak berhak untuk mengatur terlalu jauh sampai pada level memaksakan kehendak. Apalagi sampai mengancam untuk memutuskan hubungan silaturahmi. Kalau itu yang dilakukannya, maka yang salah dan berdosa besar adalah dia (anak ke-1), bukan anda maupun anak ke-3. Baca detail: Wajibnya Silaturahmi dan Haram Memutuskannya

Ingatkan pada anak ke-1 untuk menjaga perilakunya dan wajib baginya untuk taat pada keputusan ayahnya. Baca detail: Hukum Taat dan Berbakti pada Orang Tua

MIMPI MELIHAT JAMAAH BACA SURAH YASIN

assalamualaikum wr.wb

Saya siti rokhimah usia 28 tahun. sudah menikah dan belum mempunyai anak.

setelah saya sholat tahajud jam 02:35 saya kembali tidur lalu bermimpi
"sedang menghandel reuni sma dan smp sekaligus organisasi extra kampus dalam waktu yang bersamaan dan di tempat yang sama, yakni di rumah orang tua saya di kampung. saat saya sedang menunggu teman2 reuni datang satu persatu di rumah tetangga (depan) terjadi konflik yang mengakibatkan 2 kelompok. ada yang berkumpul di tetangga ada yang sedang menunggu di rumah saya. sedang saya harus lari kesana kesini demi melerai perseteruan mereka karna tiba-tiba ingin membatalkan pertemuan yang sudah saya siapkan di rumah. saya membujuk mereka untuk duduk bersama tetapi tidak mau dan mengharuskan saya untuk berlari ke rumah dan ke tetangga tempat mereka berkumpul. saat melerai belum selesai tibalah para anggota extra kurikuler islam kampus saya dengan memakai pakaian putih-putih seperti para jamaah dan mengagetkan ayah saya, saking banyaknya mereka (karna saya lupa kalau ada janji untuk menerima mereka buat acara sebelum berangkat ke acara sesungguhnya). karna saya lupa jadi saya tidak menyediakan mc, makanan, dsb. sehingga tiba-tiba mereka membaca surah yasin walau sepenggal. kemudian berhenti. karna reuni smp dan sma saya sudah benar-benar mengabaikan saya dan membatalkan acara yang sudah saya siapkan secara sepihak. (sebelum bubar dan saya mengutarakan sepatah dua patah kalimat permohonan maaf, ada salah satu teman saya yang berjualan buah yang terbilang unik, yakni buah strawberry saat di belah isinya nanas dan saya pun melihat banyak buah-buahan seperti anggur hitam dsb) maka kemudian saya bergabung dengan mereka (extra) untuk membahas rangkaian susunan acara. ada yg membahas tentang aswaja ke-NU-an, dsb. kemudian saya terbangun dan sholat shubuh".

seperti itulah mimpi saya di hari senin ini.
terima kasih

wassalamualaikum wr.wb

JAWABAN

Bagi perempuan yang sudah menikah dan belum memiliki anak, maka mimpi ini bisa menjadi isyarat bahwa anda akan segera memiliki anak dalam waktu yang tidak akan lama. Makna ini apabila mimpi tersebut berasal dari bisikan malaikat. Demikian menurut kitab tafsir karya Ibnu Sirin. Baca detail: Kitab Tafsir Mimpi

Sedangkan apabila mimpi itu berasal dari jin atau diri sendiri maka tidak ada makna apapun. Baca detail: Mimpi dalam Islam

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url