Sering Keluar Madzi

SERING KELUAR MADZI


Pak ustad, saya sering keluar madzi setetes atau kurang dari itu. Biasanya keluar setelah bangun tidur dalam waktu lama. Dan hampir selalu tidak terasa apa2 saat keluar

Namun akhir2 ini keluarnya lebih sering. Saya suka iseng cek kemaluan saya, dan ternyata akhir2 ini madzi saya suka keluar pada waktu sebelum ashar ataupun sesudahnya. Kadang juga di waktu dhuha

Padahal saya tidak terangsang (seringnya mengalir sendiri) namun kadang keluar beberapa waktu setelah melihat perempuan atau hal tertentu yg tidak begitu merangsang. Hal itu ditandai dgn ujung lubang kemaluan saya yg memantulkan cahaya karena ada sedikit cairan bening ataupun kedua bagian dinding lubang kelamin yg menempel seperti di lem.

Itupun bekas madzi nya sangat sedikit, biasanya gk terlihat/sulit terlihat di celana dalam. Yang mau saya tanyakan :

1. Apakah najis sedikit yg seperti itu (setetes atau kurang) dimaafkan klo kena pakaian?

2. Jika saya sedang di kampus dan sulit untuk ngecek ke kamar mandi tiap saat kemudian saya tetap lanjut sholat ashar tanpa ngecek kemaluan, apa sholat saya sah?
3. Saya pernah baca di web. Disitu tertulis, katanya menurut imam Ahmad madzi sedikit dimaafkan klo mengalir sendiri, tidak wajib dicuci di tubuh ataupun pakaian. Bolehkah saya mengambil pendapat ini?

4. Seringkali saat bangun sebelum subuh, pas saya mau bersihin madzi diujung kelamin yg belum/sudah kering dari madzi terkadang kemaluan saya kena baju atau celana. Apa tetap wajib dibersihkan meskipun cuma sedikit? Saya agak kesusahan karena hal ini.

5. Misalkan klo saya lagi diluar rumah & tetap sholat seperti biasa tanpa ngecheck lagi kelamin ataupun celana dalam. Apa sholat saya tetap sah? Karena bisa aja madzi keluar waktu gk dicek

6. Maksud dari najis sedikit dimaafkan secara mutlak tanpa rincian menurut Imam Abu Hanifah apa? Apa itu termasuk madzi setetes di celana dalam? Bolehkah saya ikut pendapat ini?

JAWABAN

1. Ya dimaafkan kalau sedikit. Baca detail: Najis yang Dimaafkan menurut madzhab Syafi'i

2. Sah karena tidak ada kewajiban mengecek kemaluan.

3. Boleh. Baca detail: Orang Awam Tidak Wajib Ikut Satu Madzhab

4. Najis makfu tidak wajib dibersihkan. Baca detail: Percikan Kencing Najis yang Dimakfu

5. Sah.

6. Ya semua najis. Boleh. Baca detail: Orang Awam Tidak Wajib Ikut Satu Madzhab

SAAT KELUAR MANI APA JUGA KELUAR MADZI?

Assalaamu’alaikum...

Pak Ustad, tolong yang ini dijawab ya Pak. Gini Pak, kan air madzi itu keluar saat syahwat memuncak atau keluar saat membayangkan jima’/hal sejenisnya. Nah, misalkan saat saya melakukan onani kan juga membayangkan tentang jima’/hal sejenisnya. Pada saat ejakulasi, saya mengeluarkan air mani, tetapi saya tidak tahu apakah air mani itu bercampur dengan air madzi atau tidak.

Padahal kan kalau dihukumi bercampur dengan air madzi itu masih disebut perkiraan sehingga membuat saya ragu, sedangkan air mani yang keluar itu memang sudah dapat diyakini keberadaannya dikarenakan sudah tahu keberadaannya.

1) Yang saya tanyakan, apakah air mani yang keluar tersebut memang benar tercampur dengan air madzi?

2) Misalkan kalau setelah mimpi basah, kan keluar air mani, apakah air mani itu juga bercampur dengan madzi. Padahal bisa saja saat kita tidur, syahwat kita memuncak sehingga air madzi keluar terlebih dahulu sebelum keluar air mani. Bagaimana ini Pak Ustad?

Demikian pertanyaannya,
Wassalaamu’alaikum...

JAWABAN

1. Ya, benar.

2. Tidak masalah mana yang keluar lebih dulu. Yang terpenting dalam hal ini adalah bahwa kalau orang syahwat sampai keluar mani, maka madzi yang bercampur dengan mani dihukumi makfu dalam arti tidak najis karena mani itu suci. Baca detail: Beda Mani, Madzi dan Keputihan bagi Wanita

MIMPI BASAH, MANI ATAU MADZI?


Assalamu’alaikum ustadz
1. Saya mau bertanya jika saya mimpi basah dan terbangun menemukan cairan sedikit cuma stetes apakah ini air mani atau madzi?karena saya ragu itu mani atau bukan karena saat keluar tidak memancar kayak biasanya,jumlah ny sedikit/stetes,dan bau nya tidak percis seperti mani

Terimakasih

JAWABAN

Kalau mimpi basah dan ternyata keluar cairan, maka kemungkinan besar itu adalah mani. Lagipula bagaimana anda bisa mengatakan bahwa ia keluar tidak memancar sementara anda sedang tidur? Baca detail: Beda Mani, Madzi, dan wadi


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url