Cara Mengatas Perasaan Sering Gelisah Dan Galau

CARA MENGATAS PERASAAN SERING GELISAH DAN GALAU

Assalamualaikum
Saya dwi
Saya ingin menanyakan mengapa seiring bertambahnya usia saya selalu merasa gelisah? Namun tidak tahun sember kegelisahan dan bagaimana mengatasinya
Terimakasih

JAWABAN

Itu timbul dari perasaan kurang tawakal atau berpasrah diri pada Allah. Syukuri apa yang ada dan optimis akan apa yang akan terjadi.

Selain itu, selalu berdoa pada Allah agar diberi hati yang tenang dan muthmainnah. Baca detail: Doa Hati Tenang dan Cerdas

NAJIS HUKMIYAH DI KASUR

Assalaamu’alaikum...

Pak Ustadz, misal di kasur saya terdapat najis hukmiyah. Ketika kaki saya basah, saya menginjak di kasur tersebut yang terdapat najis hukmiyah. Apakah kaki saya menjadi najis? Walaupun tidak ada rasa, bau, dan warna

Demikian pertanyaannya,
Wassalaamu’alaikum...

JAWABAN

Kalau ikut pandangan madzhab Maliki tidak najis. Tapi menurut madzhab Syafi'i menjadi najis. Baca detail: Najis Hukmiyah Madzhab Maliki


CARA MENGQADHA SHALAT YANG TERTINGGAL KARENA TERTIDUR


Kalau kita meninggalkan shalat karna tertidur cara membayarkan shalat yang tertinggal caranya bagaimana ya

JAWABAN

Caranya dengan melaksanakan shalat segera setelah kita bangun dari tidur. Baca detail: Qadha Shalat

MUSIBAH DAN IBU TIRI

Assalamu^alaikum wr.wb.
Ustadz saya seorang muslimah yang memiliki ibu tiri bisa dibilang tidak berperikemanusiaan sama sekali.. yang saya tanyakan..
1. Mengapa setiap dia berbuat dosa yang tertimpa musibah adalah anak2nya.. pernah suatu ketika idulfitri tahun lalu.. dia menunjuk mertuanya yaitu nenek saya bersumpah serapah segala macam. Namun yang mendapat balasan adalah anak kandungnya sendiri yaitu adik tiri saya seketika pada saat adzan maghrib dia terpeleset hingga patah tangannya.
2. Bolehkah menyumpahi atas nama allah misalnya ^demi allah engkau akan...^
3. Berdosakah Menyebut nama allah pada saat memarahi anak?

JAWABAN

1. Bisa jadi itu dua kejadian yang tidak berkaitan. Karena, kutukan atau sumpah jelek itu tidak akan dikabulkan oleh Allah. Baca detail: Kutukan (Sumpah) dalam Islam

2. Tidak boleh. Menyumpahi juga tidak boleh dalam Islam. Baca detail: Sumpah Kutukan Akankah Menjadi Nyata?

3. Tidak. Tapi juga tidak dianjurkan karena sikap itu tidak mendidik.

CAKUPAN KAIDAH HUKUM ASAL

Assalaamu’alaikum...

Pak Ustadz,

1) Kapankah kita menerapkan kaidah hukum asal? Misalkan kita ragu terhadap suatu benda apakah najis atau tidak

2) Ketika saya ragu terhadap suatu benda najis atau tidak, apakah saya harus mencari bukti terlebih dahulu untuk membuktikan benda tersebut najis atau tidak? ataukah hanya cukup kembali kepada hukum asal benda tersebut?

Demikian pertanyaannya,
Wassalaamu’alaikum...

JAWABAN


1. Apabila dalam keraguan, maka kembali ke status asal. Yakni, tidak najis (kalau benda itu asalnya suci).

2. Cukup kembali ke hukum asal benda itu.
Baca detail: Kaidah Fikih


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url