Air dalam Wadah yang Tercampur Najis

Air dalam Wadah yang Tercampur Najis

Air yang sedikit dalam suatu wadah kemudian tercampur najis maka air itu hendaknya dituangkan (dibuang) sedang wadahnya hendaknya dicuci air lain.


( قال : وإذا نجس الإناء فيه الماء القليل أو الأرض أو البئر ذات البناء فيها الماء الكثير بحرام يخالطه فكان موجودا فيه ثم صب عليه ماء غيره حتى يصير الحرام غير موجود فيه وكان الماء قليلا فنجس فصب عليه ماء غيره حتى صار ماء لا ينجس مثله ولم يكن فيه حرام فالماء طاهر ، والإناء ، والأرض التي الماء فيهما طاهران ; لأنهما إنما نجسا بنجاسة الماء ، فإذا صار حكم الماء إلى أن يكون طاهرا كان كذلك حكم ما مسه الماء ولم يجز أن يحول حكم الماء ، ولا يحول حكمه وإنما هو تبع للماء يطهر بطهارته ، وينجس بنجاسته

وإذا كان الماء قليلا في إناء فخالطته نجاسة أريق وغسل الإناء ، وأحب إلي لو غسل ثلاثا
Artinya: Imam Syafi'i berkata: Apabila wadah yang najis itu terdapat air yang sedikit atau banyak atau sumur yang di dalamnya terdapat air yang banyak dan najisnya disebabkan oleh perkara haram (najis) yang mencampurinya di mana najis itu ada di dalamnya kemudian dialirkan air lain ke dalam wadah itu sehingga perkara najis itu tidak ada di dalamnya maka apabila air itu sedikit hukumnya najis kemudian apabila dialiri/disirami air lain sehingga menjadi air yang tidak menajiskan dan tidak ada perkara najis di situ maka hukum air suci. Sedang wadah atau tanah tempat beradanya air juga suci karena keduanya dianggap najis disebabkan oleh najisnya air. Oleh karena itu apabila hukum air suci, maka hukum wadah yang tersentuh air juga suci. Adanya wadah tidak merubah hukum air. Hukum wadah ikut pada hukum air yang suci karena sucinya air dan najis karena najisnya air.

Air yang sedikit dalam suatu wadah kemudian tercampur najis maka air itu hendaknya dituangkan (dibuang) sedang wadahnya hendaknya dicuci air lain. Saya lebh suka kalau wadah itu dicuci 3 (tiga) kali.


Wadah air yang terkena najis itu cara menyucikannya adalah dengan dicuci satu kali. Kecuali bekas minum anjing atau babi yang harus dicuci sebanyak 7 (tujuh) kali salah satunya dicampur dengan debu.

فإن غسل واحدة تأتي عليه طهر ، وهذا من كل شيء خالطه إلا أن يشرب فيه كلب أو خنزير فلا يطهر إلا بأن يغسل سبع مرات ، وإذا غسلهن سبعا جعل أولاهن أو أخراهن ترابا لا يطهر إلا بذلك ، فإن كان في بحر لا يجد فيه ترابا فغسله بما يقوم مقام تراب في التنظيف من أشنان أو نخالة أو ما أشبهه ففيه قولان : أحدهما لا يطهر إلا بأن يماسه التراب والآخر يطهر بما يكون خلفا من التراب وأنظف منه مما وصفت كما تقول في الاستنجاء

وإذا نجس الكلب أو الخنزير بشربهما نجسا ما ماسا به الماء من أبدانهما وإن لم يكن عليهما نجاسة ، وكل ما لم ينجس بشربه فإذا أدخل في الماء يدا أو رجلا أو شيئا من بدنه لم ينجسه إلا بأن يكون عليه قذر فينجس القذر الماء لا جسده فإن قال قائل : فكيف جعلت الكلب والخنزير إذا شربا في إناء لم يطهره إلا سبع مرات وجعلت الميتة إذا وقعت فيه أو الدم طهرته مرة إذا لم يكن لواحد من هؤلاء أثر في الإناء ؟ قيل له اتباعا لرسول الله صلى الله عليه وسلم

Artinya: Apabila wadah yang terkena najis itu dicuci satu kali maka wadah itu menjadi suci dari segala bentuk najis kecuali apabila ada anjing atau babi yang minum di wadah tersebut, apabila demikian maka baru bisa suci setelah dicuci sebanyak 7 (tujuh) kali salah satunya dicampur dengan debu. Apabila di tengah laut dan tidak ada debu kemudian mencucinya dengan sesuatu yang sama dengan debu dalam membersihkan seperti kayu ashnan atau dedak (bubuk gandum) dan lain-lain dalam hal ini ada 2 pendapat. Pertama, tidak suci kecuali dengan debu sedang yang kedua dapat suci dengan sesuatu yang serupa dengan debu dan dapat membersihkan perkara yang disebut dalam bab istinja' (bersuci).

Apabila anjing dan babi meyebabkan najis pada wadah tempat keduanya minum, maka najis pula air yang tersentuh oleh badan keduanya walaupun seandainya badan keduanya tidak mengandung najis. Setiap binatang yang minumnya di suatu wadah tidak menyebabkan najis maka apabila ia memasukkan tangan atau kaki atau apapun dari badannya hal itu tidak menajiskan kecuali apabila terdapat kotoran. Maka kotoran itulah yang menyebabkan najisnya air bukan badan hewan tersebut.

Apabila orang berkata: Bagaimana bisa anda menjadikan anjing dan babi apabila minum di suatu wadah maka wadah itu najis kecuali setelah dicuci 7 kali dan Anda menjadikan najis bangkai atau darah apabila masuk ke suatu wadah cukup dicuci 1 kali apabila tidak ada bekasnya dalam wadah tersebut? Maka, jawabnya adalah: karena ikut pada Rasulullah.



Menurut Imam Syafi'i cara mensucikan najis yang biasa atau mutawassithah (متوسطة) --bukan najis anjing atau babi-caranya adalah dengan menghilangkan perkara yang najis kemudian dibasuh/disiram dengan air.


قال الشافعي ) فقلنا في الكلب بما أمر به رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم وكان الخنزير إن لم يكن في شر من حاله لم يكن في خير منها فقلنا به قياسا عليه ، وقلنا في النجاسة سواهما بما أخبرنا ابن عيينة عن هشام بن عروة أنه سمع امرأته فاطمة بنت المنذر تقول سمعت جدتي أسماء بنت أبي بكر تقول سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن دم الحيض يصيب الثوب فقال : { حتيه ثم اقرصيه ثم رشيه وصلي فيه }[1] أخبرنا مالك عن هشام بن عروة عن فاطمة بنت المنذر عن أسماء قالت سألت امرأة رسول الله صلى الله عليه وسلم فقالت : يا رسول الله أرأيت إحدانا إذا أصاب ثوبها الدم من الحيضة كيف تصنع ؟ فقال النبي صلى الله عليه وسلم لها : { إذا أصاب ثوب إحداكن الدم من الحيضة فلتقرصه ثم لتنضحه بماء ثم لتصل فيه
Artinya: Imam Syafi'i berkata: Kami berpendapat dalam masalah najis anjing berdasarkan pada apa yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad. Adapun babi apabila ia tidak lebih buruk ia juga tidak lebih baik oleh karena itu kami menyamakan status najis babi sama dengan najis anjing.

Dalam masalah najis yang selain najisnya anjing dan babi kami mendasarkan pendapat pada hadits Nabi yang diceritakan dari Ibnu Uyainah dari Hisyam bin Urwah bahwasanya Urwah pernah mendengar istrinya yaitu Fatimah binti Mundzir berkata: Aku mendengar nenekku yaitu Asma' binti Abu Bakar berkata: Aku bertanya pada Rasulullah tentang masalah darah haid yang mengena pada baju. Rasulullah berkata: hilangkan (bekas) darahnya, garuk dengan kuku kemudian siram dengan air dan gunakan baju itu untuk shalat.

Malik menceritakan pada kami dari HIsyam bin Urwah dari Fatimah binti Mundzir dari Asma' ia berkata: Aku bertanya pada istri Rasulullah (yang kemudian) bertanya pada Nabi. Wahai Rasulullah apa yang harus dilakukan apabila baju kami terkena darah haid? Nabi bersabda padanya: Apabila baju kalian terkena darah haid maka hilangkan darahnya dan siram dengan air. Setelah itu kamu dapat memakainya untuk shalat.

Dari pengajian ke-18 kitab Al-Umm karya Imam Syafi'i di Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang
-------------
Catatan:

[1] Muhammad bin Abdurrahman bin Abdurrahim Al-Mubarakpuri dalam Tuhfatul Ahwadzi (Syarah Sunan Abu Daud) menjelaskan maksud 3 kata ini demikian: ( حتيه ) الحت الحك من نصر ينصر ، أي حكيه والمراد إزالة عينه ( ثم اقرصيه بالماء ) القرص الدلك بأطراف الأصابع والأظفار ، أي تدلكي موضع الدم بأطراف الأصابع بالماء ليتحلل بذلك ويخرج ما تشربه الثوب منه
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url