Hukum Darah Daging dan Kotoran Ikan
CARA MEMBERSIHKAN DARAH DAN KOTORAN DI DAGING DAN IKAN
Assalamualaikum.
Saya sering bingung cara membersihkan darah & kotoran hewan halal. Yang ingin saya tanyakan :
1. Daging hewan kurban umumnya dimasukkan ke kresek putih. Jika darah nya menempel di luar kresek lalu sisa daging disimpan di kulkas, apakah najis darahnya jadi menempel di kulkas? Karna yang masak itu ibu saya, dan terkadang orang tua saya kurang memperhatikan masalah najis darah sehingga setelah tangan beliau setelah tersentuh darah malah menyentuh benda lain dan tidak dibersihkan.
2. Apakah kotoran & darah udang najis? Di rumah makan sekitar laut biasanya dijual seafood. Tapi udangnya tidak dibersihkan kotorannya. Hanya darahnya yang dibersihkan. Itu bagaimana hukumnya? Jika udang laut saya tahu halal, tapi bagaimana jika udang air tawar?
3. Apakah saya berdosa membiarkan orang tua saya salah membersihkan najis yang benar? Jujur saya malas jika dimarahi saat memberitahu. Kadang orang tua menyangkal saran saya karna tidak mau ribet. Mungkin gengsi mereka lebih pengalaman. Tapi saya hanya memberitahu tentang agama walau saya juga harus mencari di internet. Cape hati saya. Ujungnya paati saya yang membatin. Saya tidak tahu apakah saya yang terlalu takut dengan najis yang tersebar atau memang aturan menyucikan najis seperti yang saya tahu
Terima kasih banyak.
JAWABAN
1. Darah pada daging termasuk darah yang dimaafkan. Jadi kalau dimasak tanpa dibasuh terlebih dahulu itu tidak masalah.
Imam Nawawi dalam Kitab Al-Majmu’ ala Syarhil Muhadzab, hlm. 2/557, menyatakan:
قوله (فرع) مما تعم به البلوى الدم الباقي على اللحم وعظامه وقل من تعرض له من اصحابنا فقد ذكره أبو إسحق الثعلبي المفسر من اصحابنا ونقل عن جماعة كثيرة من التابعين انه لا بأس به ودليله المشقة في الاحتراز منه وصرح احمد واصحابه بان ما يبقى من الدم في اللحم معفو عنه ولو غلبت حمرة الدم في القدر لعسر الاحتراز منه وحكوه عن عائشة وعكرمة والثوري وابن عيينة وأبى يوسف واحمد واسحق وغيرهم واحتجت عائشة والمذكورون بقوله تعالي (الا أن يكون ميتة أو دما مسفوحا) قالوا فلم ينه عن كل دم بل عن المسفوح خاصة وهو السائل
2. Kotoran ikan juga termasuk yang dimakfu.
Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in menegaskan.
وَنَقَلَ فِي الْجَوَاهِرِ عَنِ الْأَصْحَابِ لَا يَجُوْزُ أَكْلُ سَمَكٍ مُلِحَ وَلَمْ يُنْزَعْ مَا فِيْ جَوْفِهِ أَيْ مِنَ الْمُسْتَقْذَرَاتِ وَظَاهِرُهُ لَا فَرْقَ بَيْنَ كَبِيْرِهِ وَصَغِيْرِهِ لَكِنْ ذَكَرَ الشَّيْخَانِ جَوَازَ أَكْلِ الصَّغِيْرِ مَعَ مَا فِيْ جَوْفِهِ لِعُسْرِ تَنْقِيَّةِ مَا فِيْهِ
Ahmad bin Umar As-Syathiri dalam Syarah Bughyatul Mustarsyidin, hlm. 1/337, menegaskan.
وَقَدِ اتَّفَقَ ابْنَا حَجَرٍ وَزِيَادٍ وَ م ر وَغَيْرُهُمْ عَلَى طَهَارَةِ مَا فِيْ جَوْفِ السَّمَكِ الصَّغِيْرِ مِنَ الدَّمِ وَالرَّوْثِ وَجَوَازِ أَكْلِهِ مَعَهُ وَأَنَّهُ لَا يَنْجُسُ بِهِ الدُّهْنُ بَلْ جَرَى عَلَيْهِ م ر الْكَبِيْرَ أَيْضاً (قوله في الكبير أيضا) وَاعْتَمَدَ ابْنُ حَجَرٍ وَابْنُ زِيَادٍ عَدَمَ الْعَفْوِ عَمَّا فِيْ جَوْفِهِ مِنَ الرَّوْثِ لِعَدَمِ الْمَشَقَّةِ فِي إِخْرَاجِهِ إِذَا كَانَ كَبِيْراً.
3. Orang tua anda dalam soal darah daging dan kotoran ikan tidak salah. jadi tidak perlu dikoreksi.
Baca detail: Najis dan Cara Menyucikan