Tata Cara Mandi Junub Yang Wajib Dan Sunnah

TATA CARA MANDI JUNUB YANG WAJIB DAN SUNNAH

1. Saya mempelajari mandi wajib lewab video ustadz, tata caranya yaitu:

1. Membersikan tangan mulai dari kiri lalu kanan
2. Membersihkan kemaluan
3. berwudhu
4. Menyela2 rambut
5. Membersihkan badan bagian kanan lanjut bagian kiri
6. Membersihkan badan secara bebas entah itu dari kanan atau kiri
7. Lalu memakai wangi wangian
8. Mengguyur badan
Pertanyaannya :

a. Saya pernah mandi wajib tapi kalau tidak salah leher saya kayaknya tidak basah seluruhnya. karena saya kurang faham cara mandi wajib di tambah lagi saya was-was tentang mandi wajib, jadi saya pelajari mandi wajib di youtube, saya lihat di video itu tidak ada yang memperlihatkan menyiram leher atau membasuh leher. Jadi saya ikuti saja apa yang saya lihat di youtube, mungkin pada saat saya menyela2 rambut sebagian leher saya telah basah. Dan yang saya ketahui apabila kita mandi wajib harus basah seluruh badan. tapi kalau saya tidak mengikuti cara mandi wajib di video itu takutnya saya salah, Apakah dengan kejadian ini mandi wajib saya tidak sah? Apakah saya harus mengulangi mandi wajib saya lagi? Dan apakah shalat saya selama ini tidak sah? Karena saya kurang faham tentang mandi wajib. Sedikit-sedikit saya was-was lagi. Kalau misalkan saya pakai wangi wangian pada waktu itu mungkin seluruh badan ssaya sudah basah. Tapi saya lupa pada saat itu saya pakai wangi-wangian atau tidak. Karena yang saya tau memakai wangi-wangian itu sunnah.

b. Di video itu memperlihatkan setelah mencuci kemaluan dia tidak mencuci tangan tapi langsung berwudhu, apakah itu sudah benar?

c. bagaimana apabila air di kamar mandi kita tidak cukup 2 kullah, atau Cuma 1 kullah bahkan kurang dari 1 kullah. Dan air yang di gunakan agak kurang bersih karena air yang gunakan air sumur. apakah boleh di pakai mandi wajib?

2. Apakah pada saat kita bangun dari tidur dan kita dapat celana kita kebasahan. Tapi kita tidak yakin kalau kita sudah mimpi basah. Atau kita tidak yakin kalau yang basah itu adalah air sperma. Apakah boleh di anggap suci? Karena saya sering kejadian seperti ini tapi saya tidak mandi wajib karena saya tidak yakin kalau saya telah mimpi basah atau mungkin Cuma pikiran was-was saya saja

3. Bagaimana cara mandi wajib yang benar?

4. Saya sering wa was ketika ingin mandi wajib, sampai – sampai saya tidak mandi wajib beberapa hari, setiap ingin mandi wajib pasti ada saja kendala dan was was yang saya rasakan. Pertanyaan saya apabila dinding kamar mandi kita mungkin ada bekas kencing yang telah kering atau masih basah atau Cuma percikan air kencing, apabila kita ingin mulai mandi wajib atau sementara kita mandi wajib dan kita mengenai bekas kencing tersebut apakah mandi wajib harus di teruskan atau di ulangi? Apakah sah atau tidak mandi wajib saya?

5. Pada saat wudhu dalam mandi wajib Dan wudhu saya setiap hari saya sering lupa jumlah wudhu saya. Apakah sudah cukup tiga kali basuhan apa belum. Apa solusi yang tepat untuk mmasalah saya ini ustadz?

6. Saya pernah bermimpi tapi setelah terbangun saya merasa basah, tapi kalau tidak salah di pikiran saya itu yang keluar bukan air sperma, tapi mungkin air lain, tapi di pikiran saya, saya mau mandi wajib saja supaya tidak was-was terus. Tapi lama kelamaan saya berpikir lagi saya tidak mengeluarkan caairan apapun mungkin itu Cuma perasaan saya saja, setelaah itu saya pergi buang air kecil, setelah buang air kecil adalagi keluar kayak cairan yang kental, entah itu cairan sperma atau bukan. apakah dengan kejadian ini apakah sebaiknya saya mandi wajib?

7. Saya pernah merasa celana saya basah pada saat bangun tidur, tapi di pikirann saya celana saya basah karena terkena air. Pada saat saya buang air kecil waktu terbangun dari tidur sebelumnya, karena saya sempat bangun untuk buang air kecil lalu lanjut tidur lagikalau tidak salah ingat saya cium celana saya yang basah itu. Yang saya rasakan bau itu bukan air sperma. Tapi beberapa saat kemudian saya cium lagi celana saya yang basah itu, di pikiran saya, di pikiran saya ini bau air sperma, baru saya ingat lagi pada saat saya cium celana saya yang pertama. Di piikiran saya kayaknya ini bau air speerma atau Cuma rasa was-was saya saja. Dengan kejadian ini, apakah saya harus mandi wajib?

JAWABAN

1A. Petunjuk yang anda lihat di video itu sebenarnya panduan yang prinsip dalam mandi junub. Artinya, kalau tidak anda ikuti petunjuk tersebut tidak masalah. Yang wajib dan yang paling prinsip dalam mandi junub adalah membasahi seluruh anggota tubuh luar. Baca detail: Cara Wudhu dan Mandi Wajib

Panduan sunnahnya mandi junub di video itu juga tidak tepat terutama menurut madzhab Syafi'i. Baca detail: Sunnahnya Mandi Junub menurut madzhab Syafi'i

Kalau anda yakin bahwa leher tidak merata kena air, maka itu tidak sah. Dan hendaknya diulangi. Namun, untuk shalat yang dilakukan setelah itu tidak perlu diulangi karena timbul dari ketidaktahun. Baca detail: Hukum Melakukan Perkara Haram karena Tidak Tahu

1b. Mencuci kemaluan tidak termasuk sunnahnya mandi wajib. Kecuali kalau di kemaluan terdapat najis, maka wajib membasuhnya terlebih dahulu. Baca detail: Sunnahnya Mandi Junub

1c. Boleh. Yg penting air yang dipakai mandi itu suci dan menyucikan dan tidak kecampuran najis. Baca detail: Air Suci dan Menyucikan

2. Kalau celana dalam basah setelah bangun tidur, maka ada tiga kemungkinan: sperma, madzi atau kencing. Sperma biasanya ada tanda lengket atau kalau sudah kering tampak mengental di celana; sedangkan madzi lebih cair sebagaimana kencing. Maka, silahkan diduga basah karena sebab apa dari ketiga kemungkinan di atas. Kalau sebab madzi atau kencing, maka berarti hukumnya najis dan harus dibasuh semua pakaian yang mungkin terkena. Sedangkan kalau mani maka berarti harus mandi besar. Baca detail: https://www.alkhoirot.net/2013/08/keluar-cairan-mani-atau-madzi.html

3. Cara mandi junub yang benar adalah melaksanakan rukun/fardunya mandi atau perkara yang wajib dilakukan saat mandi. Rukun mandi ada tiga yaitu: niat, menghilangkan najis di badan (kalau ada), mengalirkan air suci ke seluruh badan. Baca detail: Fardunya Mandi ada Tiga

4. Tempat yang terkena najis yang sudah tidak kelihatan (najis hukmiyah), maka dengan disiram satu kali status najisnya hilang. Jadi, kalau anda ragu ada najis di kamar mandi, maka cukup anda siram satu kali, itu sudah cukup. Percikan air basuhan najis hukmiyah itu hukumnya suci. Setelah itu, maka silahkan mandi wajib dengan tenang karena kamar mandi sudah suci sepenuhnya. Baca detail: Cara menyucikan najis hukmiyah dan ainiyah

5. Wudhu itu yang wajib cuma satu kali basuhan. Tiga kali basuhan itu sunnah, tidak dilakukan tidak apa-apa. Baca detail: Fardhunya Wudhu

6. Ya, sebaiknya mandi wajib. Cairan kental adalah sperma.Baca detail: Penyebab Mandi Besar

7. Kalau anda memang habis buang air di tengah malam, maka ada kemungkinan itu air basuhan setelah kencing. Anda tidak wajib mandi junub. Karena fakta bahwa itu air lebih kuat dari dugaan bahwa itu sperma. Berdasarkan kaidah fikih: Keyakinan tidak hilang karena keraguan. Baca detail: Kaidah Fikih

Kecuali apabila tanda lain seperti anda mimpi hubungan intim dg seseorang dll.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url