Shalat Berjamaah Imam Makmum Berbeda Lantai
Shalat Berjamaah Berbeda Lantai atau Gedung antara iman dan makmum. Misal, imam di lantai satu makmum di lantai dua, apakah sah shalatnya? Kalau sah apa saja syaratnya?
Shalat berjamaah antara imam dan makmum dapat terjadi dan dilakukan dalam berbagai keadaan dan situasi yang berbeda. Semuanya sah hukumnya dengan syarat-syarat tertentu. Menurut Imam Nawawi shalat berjamaah baru sah apabila terpenuhi 7 (tujuh) syarat yaitu: makmum tidak mendahului imam pada arab kiblat, tahu perbuatan zhahir dari shalat imam, berkumpulnya imam dan makmum di suatu tempat, niat bermakmum, kesesuaian bentuk shalat imam dan makmum dalam perbuatan dan rukun, kesesuaian dengan imam, mengikuti imam. Adapun rincian syarat dan keadaan shalat berjamaah adalah sbb:
A. Imam dan Makmum Satu Masjid dan Satu Lantai
Ini yang sering terjadi. Imam dan makmum berada di lantai yang sama di sebuah masjid atau musholla. Dalam hal ini maka Hukum berjamaahnya sah tanpa syarat khusus. Al-Bajuri, hlm. 1/199, menjelaskan syarat umum shalat berjamaah bagi makmum:
.و هو أى المأموم عالم بصلاته أى الإمام بمشاهدة المأموم له أو بمشاهدته بعض صف أجزأه أى كفاه ذلك في صحة الإقتداء به، وقوله أو بمشاهدته بعض صف أى أو نحو ذلك كسماع صوت الإمام أو صوت مبلغ
Namun demikian tetap dianjurkan dan disunnahkan agar barisan lurus, rapat dan tidak membuat barisan baru kecuali setelah barisan di depan penuh. Berdasarkan beberapa hadits berikut:
1. Hadis dari Anas bin Malik, Rasulullah memerintahkan makmumnya,
أَقِيمُوا صُفُوفَكُمْ وَتَرَاصُّوا
2. Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,
سوُّوا صُفُوفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصَفِّ مِنْ تَماَمِ الصَّلَاةِ
3. Hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah memerintahkan,
أقيموا الصَفَّ فِي الصَّلَاةِ فَإِنَّ إِقَامَةَ الصَفِّ مِنْ حُسْنِ الصَّلَاةِ
4. Hadis Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan,
أَتِـمُّوْا الصَّفَّ الـمُقَدَّمَ، ثُمَّ الَّذِي يَلِيْهِ
Imam Nawawi dalam Raudah At-Talibin, hlm. 1/358, menyebutkan ada 7 syarat bermakmum yaitu makmum tidak mendahului imam pada arab kiblat, tahu perbuatan zhahir dari shalat imam, berkumpulnya imam dan makmum di suatu tempat, niat bermakmum, kesesuaian bentuk shalat imam dan makmum dalam perbuatan dan rukun,
kesesuaian dengan imam, mengikuti imam.
B. Imam dan Makmum Satu Masjid tapi Berbeda Lantai
Contoh, imam berada di lantai bawah sedangkan makmum berada di lantai atas. Atau, imam berada di lantai atas, sedangkan makmum di lantai bawah. Ini sering terjadi di daerah perkotaan yang masjid atau musholla-nya kurang luas sedangkan jamaahnya banyak sehingga tidak cukup berjamaah di satu lantai.
Dalam hal ini, maka yang diperlukan sebagai syarat sahnya shalat berjamaah adalah adanya manfadz atau jalan tembus yang menghubungkan antara imam dan makmum. Dalam kasus yang umum terjadi, jalan terusan itu umumnya berupa tangga naik yang berada di sebelah kanan dan kiri masjid. Sama saja berada di dalam masjid atau di luar tembok masjid. Letak anak tangga ke lantai atas yang seperti ini sudah sah. Karena, jalan terusan itu tidak harus ada di depannya makmum. Boleh di belakang atau sebelah kanan atau kirinya makmum. Ba Alawi dalam Bughiyatul Mustarsyidin, hlm. 147, menyatakan:
لا يشترط في المسجد كون المنفذ أمام المأموم أو بجانبه بل تصح القدوة وإن كان خلفه ، وحينئذ لو كان الإمام في علو والمأموم في سُفْل أو عكسه كبئر ومنارة وسطح في المسجد ، وكان المَرْقَى وراء المأموم بأن لا يصل إلى الإمام إلا بازورار بأن يولي ظهره القبلة ، صح الاقتداء لإطلاقهم صحة القدوة في المسجد ، وإن حالت الأبنية المتنافذة الأبواب إليه وإلى سطحه ، فيتناول كون المرقى المذكور أمام المأموم أو وراءه أو يمينه أو شماله ،
بل صرح في حاشيتي النهاية والمحلي بعدم الضرر ، وإن لم يصل إلى ذلك البناء إلا بازورار وانعطاف ، نعم إن لم يكن بينهما منفذ أصلاً لم تصح القدوة على المعتمد
Selain adanya jalan tembus, syarat lain tentu saja harus terdengarnya suara imam bagi langsung atau melalui mubaligh atau speaker/pengeras suara sebagaimana disebutkan dalam pernyataan Ba Alawi di atas.
Terkait bolehnya lokasi imam dan makmum berada di lokasi berbeda, Imam Nawawi dalam Raudoh Al-Tolibin, hlm. 1/468, juga menyatakan hal yang sama:
إذا كانا في مسجد، صح الاقتداء، قربت المسافة بينهما أم بعدت لكبر المسجد، وسواء اتحد البناء أم اختلف، كصحن المسجد، وصُفَته، أو منارته وسرداب فيه، أو سطحه وساحته، بشرط أن يكون السطح من المسجد.... وشرط البناءين في المسجد، أن يكون باب أحدهما نافذاً إلى الآخر. وإلا، فلا يعدان مسجداً واحداً. وإذا حصل هذا الشرط، فلا فرق بين أن يكون الباب بينهما مفتوحاً، أو مردوداً مغلقاً، أو غير مغلق
C. Imam di Masjid, Makmum di Luar Masjid
Wahbah Zuhaily dalam Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuh, hlm. 2/1245, menjelaskan:
”الحال الثالث: أن يكون أحدهما في المسجد، والآخر خارجه فمن ذلك، أن يقف الامام في مسجد، والمأموم في موات متصل به. فإن لم يكن بينهما حائل، جاز، إذا لم تزد المسافة على ثلاث مائة ذراع."
D. Imam dan Makmum di Lokasi Bukan Masjid
Dalam hal ini Imam Nawawi dalam Al-Majmuk, hlm. 4/216, membagi ke dalam dua keadaan.
“الحال الثاني: أن يكون في غير مسجد، وهو ضربان
أحدهما: أن يكون في فضاء فيجوز الاقتداء، بشرط أن لا يزيد ما بينهما على ثلاث مائة ذراع تقريباً على الأصح. وعلى الثاني: تحديد. والتقريب مأخوذ من العرف على الصحيح، وقول الجمهور. وعلى الثاني: مما بين الصفين في صلاة الخوف. ولو وقف خلف الإمام صفان، أو شخصان، أحدهما وراء الآخر، فالمسافة المذكورة تعتبر بين الصف الأخير، أو الصف الأول، أو الشخص الأخير والأول، ولو كثرت الصفوف، وبلغ ما بين الإمام والاخير فرسخاً، جاز.
الضرب الثاني: أن يكونا في غير فضاء فإذا وقف أحدهما في صحن دار أو صفتها والآخر في بيت، فموقف المأموم، قد يكون عن يمين الإمام أو يساره، وقد يكون خلفه. وفيه طريقتان. إحداهما: قالها القفال وأصحابه، وابن كج، وحكاها أبو علي في «الافصاح» عن بعض الأصحاب: أنه يشترط فيما إذا وقف من أحد الجانبين، أن يتصل الصف من البناء الذي فيه الامام، إلى البناء الذي فيه المأموم، بحيث لا تبقى فرجة تسع واقفاً؛ فإن بقيت فرجة لا تسع واقفاً، لم يضر على الصحيح. ولو كان بينهما عتبة عريضة تسع واقفاً، اشترط وقوف مصلّ فيها وإن لم يمكن الوقوف عليها، فعلى الوجهين في الفرجة اليسيرة. وأما إذا وقف خلف الإمام، ففي صحة الاقتداء وجهان. أحدهما: البطلان. وأصحهما: الجواز إذا اتصلت المصفوف وتلاحقت. ومعنى اتصالها، أن يقف رجل، أو صف في آخر البناء الذي فيه الإمام، ورجل، أو صف في أول البناء الذي فيه المأموم، بحيث لا يكون بينهما أكثر من ثلاثة أذرع. والثلاث للتقريب.